Monday 10 June 2013

Kalsium



Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia.
Rata-rata tubuh manusia dewasa mengandung sekitar 1 kg unsur kalsium, 99% terdapat pada tulang dalam bentuk garam kalium fosfat. Selain sebagai rangka pembentuk dan pelindung tubuh, ternyata tulang memiliki fungsi sebagai reservoar (penyimpan cadangan) kalsium dalam tubuh. Ion kalsium, Ca2+ dilepaskan dari tulang ke dalam aliran darah pada kondisi yang terkontrol. Kalsium diedarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah dalam bentuk ion terlarut atau terikat dalam protein tertentu seperti serum albumin. Di dalam tubuh manusia, kalsium memiliki banyak fungsi.
 Kebanyakan fungsi kalsium dalam bentuk ionnya adalah sebagai kofaktor dalam enzim-enzim yang penting dalam proses metabolisme. Kalsium ekstraseluler (kalsium yang berada di luar sel) memiliki fungsi tersendiri untuk menjaga selisih potensial dalam dan luar sel. Kalsium juga memiliki fungsi utama, yakni sebagai material pembentuk tulang dan gigi.

Contoh makanan yang mengandung kalsium


Dalam dunia kedokteran
kalsium digunakan sebagai suplemen tambahan untuk kesehatan maupun pengobatan. Jenis suplemen kalsium yang sering digunakan pada dasarnya merupakan senyawa kalsium dalam bentuk sebagai berikut:
·         kalsium asetat
·         kalsium aspartat
·         kalsium karbonat
·         kalsium klorida
·         kalsium sitrat
·         kalsium D-glukonat
Berikut beberapa manfaat kalsium bagi manusia:
·         Mengaktifkan saraf
·         Melancarkan peredaran darah
·         Melenturkan otot
·         Menormalkan tekanan darah
·         Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
·         Menjaga keseimbangan cairan tubuh
·         Mencegah osteoporosis (keropos tulang)
·         Mencegah penyakit jantung
·         Menurunkan risiko kanker usus
·         Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik
·         Mengatasi keluhan saat haid dan menopause
·         Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
·         Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
·         Mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan
·         Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)

dalam hal pemeliharaan tulang, makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita berperan penting menjaga kesehatan tulang. Jadi makanan dan minuman apa yang sebaiknya dihindari atau diasup dalam jumlah terbatas saja?
Berikut ini 5 makanan dan minuman itu
 Kopi: Asupan dalam jumlah berlebihan dapat menyerap kalsium dan membuangnya ke urin.
 Soda: Menyebabkan penyerapan kalsium oleh tubuh jadi buruk.
 Garam: Kelebihan garam sama saja dengan membuang kalsium ke urin dan keringat.
 Alkohol: Jika berlebihan dapat menyebabkan kerapuhan tulang.
 Protein: Makan daging katanya bikin sehat dan pintar, tapi kebanyakan dapat mengubah pH balance dan membuat tulang rapuh.




Sejarah
(Latin: calx, kapur) Walau kapur telah digunakan oleh orang-orang Romawi di abad kesatu, logam kalsium belum ditemukan sampai tahun 1808. Setelah mempelajari Berzelius dan Pontin berhasil mempersiapkan campuran air raksa dengan kalsium (amalgam) dengan cara mengelektrolisis kapur di dalam air raksa, Davy berhasil mengisolasi unsur ini walau bukan logam kalsium murni.


Sumber-sumber:

Kalsium adalah logam metalik, unsur kelima terbanyak di kerak bumi. Unsur ini merupakan bahan baku utama dedaunan, tulang belulang, gigi dan kerang dan kulit telur. Kalsium tidak pernah ditemukan di alam tanpa terkombinasi dengan unsur lainnya. Ia banyak terdapat sebagai batu kapur, gipsum, dan fluorite. Apatite merupakan flurofosfat atau klorofosfat kalsium.

Kegunaan:

Logam ini digunakan sebagai agen pereduksi dalam mempersiapkan logam-logam lain semacam torium, uranium, zirkonium, dsb. Ia juga digunakan sebagai bahan reaksi deoksida dan desulfurizer atau decarburizer untuk berbagai macam campuran logam besi dan non-besi. Elemen ini juga digunakan sebagai agen pencampur logam aluminium, berilium, tembaga, timbal, dan campuran logam magnesium. 

Senyawa:

Senyawa alami dan senyawa buatan kalsium banyak sekali kegunaannya. Kapur mentah (CaO) merupakan basis untuk tempat penyaringan kimia dengan banyak kegunaan. Jika dicampur dengan pasir, ia akan mengeras menjadi campuran plester dengan mengambil karbon dioksida dari udara. Kalsium dari batu kapur juga merupakan unsur penting semen. Senyawa-senyawa penting lainnya adalah: karbid, klorida, sianamida, hipoklorida, dan sulfida.


No comments:

Post a Comment